Modul dan Pelatihan

Tipe File
PDF
Size
106
Download
177     
Upload
17/05/2018 13:39:24
 


Tipe File
RAR
Size
981
Download
361     
Upload
21/05/2018 03:24:54
 


Tipe File
PDF
Size
628
Download
273     
Upload
21/05/2018 00:30:33
 

4.
Pengolahan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Kurikulum 2013
Guru perlu mampu menyusun deskripsi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Guru perlu mampu mengolah hasil penilaian yang dilakukan pendidik dan satuan pendidikan. Guru perlu mampu mengisi rapor sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tipe File
PPT
Size
2029
Download
318     
Upload
11/05/2018 20:33:47
 

5.
Review Hasil Praktik Pembelajaran Dan Penilaian Kurikulum 2013
Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, pada pelatihan ini dilakukan praktik pelaksanaan pembelajaran dan penilaian.

Tipe File
PDF
Size
84
Download
299     
Upload
22/05/2018 06:14:54
 

6.
Praktik Pembelajaran Dan Penilaian Kurikulum 2013
Berdasarkan Permendikbud nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah - Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran, pengertian pembelajaran adalah proses interaksi antar pesertadidik, antara peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Tipe File
PDF
Size
90
Download
237     
Upload
22/05/2018 05:50:15
 

7.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013
RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. RPP mencakup: (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.

Tipe File
PDF
Size
523
Download
301     
Upload
22/05/2018 16:48:58
 

8.
Inspirasi Pembelajaran Melalui Tayangan Video
Proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan sejumlah alternatif penedekatan, strategi, dan model pembelajaran yang ada. Kegiatan ini membicarakan tentang proses pembelajaran yang terkait dengan pembelajaran tematik terpadu, Pendekatan pembelajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama dengan temannya dalam tugas-tugas terstruktur (Lie, A., 1995), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Tipe File
PDF
Size
216
Download
286     
Upload
22/05/2018 04:58:53
 

9.
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Berkaitan dengan prinsip pengembangan RPP, ada satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam membuat sebuah perencanaan pembelajaraan yaitu berfikir tingkat tinggi. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), adalah kemampuan berpikir dan bernalar untuk menjawab pertanyaanpertanyaan yang rumit dan atau memecahkan suatu kasus atau masalah.

Tipe File
PDF
Size
796
Download
383     
Upload
18/05/2018 22:25:05
 

10.
Bimbingan Psiko-Edukatif Di Sekolah Dasar
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menunjukkan menunjukkan bahwa setiap peserta didik memiliki potensi untuk berkembang secara optimal. Perkembangan optimal bukan sebatas tercapainya prestasi sesuai dengan kapasitas intelektual, minat, dan bakat yang dimiliki, melainkan sebagai sebuah kondisi perkembangan yang memungkinkan peserta didik mampu menunjukkan perilaku yang sehat dan bertanggung jawab serta memiliki kemampuan adaptasi dan sosialisasi yang baik. Situasi kehidupan pada abad ke-21 ini sangat penuh tantangan dan persaingan di samping tersedianya peluang bagi yang memiliki kompetensi hidup, berupa kapasitas fisik, mental, serta intelektual. Pengembangan kompetensi hidup memerlukan sistem layanan pendidikan pada satuan pendidikan yang tidak hanya mengandalkan layanan pembelajaran dan manajemen saja, tetapi juga menyediakan layanan khusus yang bersifat psiko-edukatif.

Tipe File
PDF
Size
149
Download
369     
Upload
14/05/2018 14:50:05
 

11.
Perancangan Pembelajaran Dan Penilaian
Program Tahunan merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran. Program tahunan berdasarkan kurikulum 2013 merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Tipe File
PDF
Size
382
Download
481     
Upload
22/05/2018 02:56:01
 

12.
Analisis Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013
Pada Kurikulum 2013, penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang dengan menggunakan penilaian acuan kriteria. Perencanaan penilaian dimulai dengan melakukan pemetaan kompetensi dasar. Pemetaan dilakukan terhadap kompetensi dasar dari setiap muatan pelajaran. Pemetaan ini dapat dilakukan baik per subtema maupun tema.

Tipe File
PDF
Size
247
Download
291     
Upload
22/05/2018 09:21:43
 

13.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
Mampu menyusun pembelajaran sesuai sintak model pembelajaran

Tipe File
PPTX
Size
170
Download
197     
Upload
16/05/2018 15:46:37
 

14.
Analisis Materi Dalam Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013
Buku yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah Buku Guru dan Buku Siswa. Buku tersebut terdiri atas tema-tema yang sudah ditentukan sesuai dengan jenjang kelas di SD. Berikut adalah Daftar Tema setiap kelas.

Tipe File
PDF
Size
141
Download
304     
Upload
18/05/2018 09:20:26
 

15.
Analisis Dokumen SKL, KI-KD, Silabus, Dan Pedoman Tematik SD Kurikulum 2013
Standar Kompetensi Lulusan merupakan salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan sebagaimana yang ditetapkan dalam Pasal 35 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang akan menjadi acuan bagi pengembangan kurikulum dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Berdasarkan Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan, lulusan SD/MI/SDLB/Paket A adalah manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Tipe File
PDF
Size
141
Download
329     
Upload
11/05/2018 20:31:06
 



Topik Lainnya

Terpopuler

Terbaru
"Bersiaplah... Pendaftaran SNMPTN...
3 bulan yang lalu - dibaca 158 kali
Ini Rekomendasi Penting untuk Ubah Dunia Pendidikan di Indonesia
Ini Rekomendasi Penting untuk Ubah...
3 bulan yang lalu - dibaca 328 kali
Dongkrak Mutu Tenaga Kerja, Pelatihan Vokasi Butuh Suntikan Beasiswa!
Dongkrak Mutu Tenaga Kerja, Pelatihan...
4 bulan yang lalu - dibaca 483 kali
Berdayakan SMK, Mendikbud Siapkan...
4 bulan yang lalu - dibaca 568 kali
Generasi Milenial Jangan Takut Bereksperimen
Generasi Milenial Jangan Takut...
4 bulan yang lalu - dibaca 652 kali
Kemnaker Terus Perkuat Mutu Pelatihan Kerja dan Pemagangan
Kemnaker Terus Perkuat Mutu Pelatihan...
5 bulan yang lalu - dibaca 831 kali
Saling Adu Kecepatan Robot
6 bulan yang lalu - dibaca 928 kali
Guru SD Diajak Aktf Menulis Karya Ilmiah
Guru SD Diajak Aktf Menulis Karya Ilmiah
6 bulan yang lalu - dibaca 1194 kali
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
6 bulan yang lalu - dibaca 1340 kali
Jembatani Kompetensi Siswa dengan Kebutuhan Pelaku Dunia Usaha
Jembatani Kompetensi Siswa dengan...
7 bulan yang lalu - dibaca 1322 kali