PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH DASAR UMUM DAN KEAGAMAAN
Abstract: Students are currently experiencing a character crisis which is concerning. Cultivating the character value of the national spirit is one of the characters that must be formed. The purpose of this study is to examine more deeply the character profile of the national spirit in public and religious elementary schools. A qualitative approach with a multi-case research design was used in this study. The locations in this study were SDN Pandanwangi 3 Malang and SD Muhammadiyah 8 KH Mas Mansyur Malang. Data mining in this study used observation, interview, and documentation study techniques. The results of this study are (1) public elementary schools, focusing on character values on the character of the national spirit, while elementary schools with an Islamic background, inculcating religious and nationalist characters. (2) the character values chosen by the two schools are guided by the 5 main pillars of KDP, (3) the character values used are then integrated and combined with the vision, mission, and goals of the school, and (4) both schools have the goal of forming students who are has a homeland love personality.
Abstrak: Peserta didik saat ini mengalami krisis karakter yang memprihatinkan Penanaman nilai karakter semangat kebangsaan menjadi salah satu karakter yang harus dibentuk. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengkaji lebih dalam mengenai profil karakter semangat kebangsaan pada sekolah dasar umum dan keagamaan. Pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian multi kasus digunakan dalam penelitian ini. Lokasi dalam penelitian ini yaitu SDN Pandanwangi 3 Malang dan SD Muhammadiyah 8 KH Mas Mansyur Malang. Penggalian data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yakni (1) sekolah dasar negeri, memfokuskan nilai karakter pada karakter semangat kebangsaan, sementara sekolah dasar dengan latar belakang Islam, penanaman karakter religius dan nasionalis. (2) nilai karakter yang dipilih oleh kedua sekolah berpedoman pada 5 pilar utama PPK, (3) nilai karakter yang digunakan kemudian diintegrasikan dan dipadukan dengan visi, misi, dan tujuan sekolah, dan (4) Kedua sekolah memiliki tujuan yaitu membentuk peserta didik yang memiliki kepribadian cinta tanah air.
http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/15659
Posting oleh Desi Eri K 1 tahun yang lalu - Dibaca 14256 kali

Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan
JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI
Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...

















