Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

ANALISIS DAMPAK ANJURAN PEMERINTAH TERHADAP BELAJAR DI RUMAH BAGI PELAKU PENDIDIKAN

Senin, 12/10/2020 10:45:00

Dunia sedang mengalami pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Penerapan kebijakan Work From Home (WFH) berdampak pada penutupan fasilitas pendidikan, sehingga sekolah dianjurkan untuk belajar dirumah atau Work From Home (WFH). Aplikasi yang digunakan oleh guru untuk memfasilitasi pembelajaran di rumah melalui whatsappdalam smartphone, menimbulkan masalah bagi siswa yang tidak memiliki smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kebijakan pemerintah mengenai pembatasan sosial dan kerja di rumah terhadap pendidik dan siswa. Metode yang dilakukan melalui survey menggunakan fasilitas google form. Hasil penelitian menjelaskan bahwa proses pembelajaran harus dilakukan secara daring atau online sesuai anjuran dari pemerintah, meskipun proses pembelajaran tidak dapat terlaksana dengan baik dikarenakan permasalahan teknik seperti penggunaan teknologi yang masih gaptek bagi guru dan terkendalanya koneksi internet dalam proses pembelajaran. Dampak lain yang tergambarkan bahwasannya proses pembelajaran tidak bisa menjangkau secara utuh capaian pembelajaran baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Dampak corona ini bagi Pendidikan juga akhirnya mengharuskan peran orang tua lebih besar dalam pengawasan dan pembelajaran di Rumah.


The world is experiencing a pandemic of Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). The implementation of the Work From Home (WFH) policy has an impact on the closure of educational facilities, so schools are encouraged to study at home or Work From Home (WFH). The application used by teachers to facilitate learning at home through whatsapp in smartphones, raises problems for students who do not have smartphones. This study aims to determine the impact of government policies regarding social restrictions and work at home on educators and students. The method is carried out through surveys using the Google form facility. The results of the study explained that the learning process must be done online or online as recommended by the government, even though the learning process could not be carried out properly due to technical issues such as the use of technology that is still difficult for teachers and constrained internet connections in the learning process. Another impact that is illustrated is that the learning process cannot reach the full learning outcomes both cognitive, affective and psychomotor. The impact of this corona for Education also ultimately requires a greater role of parents in supervision and learning at home.



http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/14266

Posting oleh Desi Eri K 2 tahun yang lalu - Dibaca 40908 kali

 
Tag : #MBS #PSM #covid-19 #prosespembelajaran #daring

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 08/03/2021 10:49:35
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan

JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....

Selasa, 02/03/2021 09:57:29
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI

    Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
9 tahun yang lalu - dibaca 116089 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
9 tahun yang lalu - dibaca 91498 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
9 tahun yang lalu - dibaca 130079 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
9 tahun yang lalu - dibaca 99267 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
7 tahun yang lalu - dibaca 98583 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 117051 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
9 tahun yang lalu - dibaca 97622 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
9 tahun yang lalu - dibaca 76271 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
2 tahun yang lalu - dibaca 20849 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
2 tahun yang lalu - dibaca 22762 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
2 tahun yang lalu - dibaca 38527 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
2 tahun yang lalu - dibaca 40205 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
2 tahun yang lalu - dibaca 56530 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
2 tahun yang lalu - dibaca 35611 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
2 tahun yang lalu - dibaca 32400 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
2 tahun yang lalu - dibaca 52242 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2022 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.52 Mb - Loading : 2.59731 seconds