Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH

Selasa, 31/03/2020 21:23:41
INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH

Bagus Rachmad Saputra, Imron Arifin, Ahmad Yusuf Sobri Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine (1) the process of internalizing religious values in the principals' conceptual skills, (2) the process of internalizing religious values in the technical skills of principals, and (3) the process of internalizing religious values in the interpersonal skills of principals at SDIT Baitul Izzah and SDI Plus Baitul Ikhlas Nganjuk. The approach used in this research is qualitative with a multi-site study approach. Data obtained through interviews with the principal as key informants, teachers, committees, and foundations. Data was collected from two sites in the form of structured and unstructured interviews, participatory observation, and document studies. Data sourced from field notes, documents, and interview transcripts that were reduced were then analyzed for validity and credibility tests using triangulation techniques. The results of the study include (1) internalization of religious values in the aspect of the principal's conceptual skills, (2) internalization of religious values in the technical aspects of the principal, (3) internalization of religious values in the interpersonal aspects of the principal's personal skills.


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) proses internalisasi nilai-nilai religius dalam keterampilan konseptual kepala sekolah, (2) proses internalisasi nilai-nilai religius dalam keterampilan teknis kepala sekolah, dan (3) proses internalisasi nilai-nilai religius dalam keterampilan antar pribadi kepala sekolah di SDIT Baitul Izzah dan SDI Plus Baitul Ikhlas Nganjuk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi multi situs. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah selaku informan kunci, guru, komite, serta yayasan. Data dikumpulkan dari dua situs dalam bentuk wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi partisipatif, dan studi dokumen. Data bersumber pada catatan lapangan, dokumen, dan transkrip wawancara yang direduksi kemudian dianalisis uji validitas dan kredibilitas dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian antara lain (1) internalisasi nilai religius pada aspek keterampilan konseptual kepala sekolah, (2) internalisasi nilai religius pada aspek keterampilan teknis kepala sekolah, dan (3) internalisasi nilai religius pada aspek keterampilan antar pribadi kepala sekolah.


http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/9475

Posting oleh Desi Eri K 3 bulan yang lalu - Dibaca 458 kali

 
Tag : #Internalization #ReligiousValues #Managerial Skills #Principal #InternalisasiNilai-NilaiReligius #KeterampilanManajerial #KepalaSekolah

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 06/07/2020 08:51:06
Pandemi, Pendidikan, dan Persaingan Privilese

Jakarta -  Pandemi telah mengakar sampai ke semua lini dan memang telah menyeret kita pada dimensi yang berbeda....

Senin, 29/06/2020 07:40:24
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

Pandemi covid-19 di Indonesia, membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menerapkan sistem...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 73379 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 55155 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 82270 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 61028 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 59533 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 68678 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 59783 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 44132 kali
Info MBS
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
2 minggu yang lalu - dibaca 82 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
3 minggu yang lalu - dibaca 123 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
4 minggu yang lalu - dibaca 211 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
1 bulan yang lalu - dibaca 290 kali
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
4 bulan yang lalu - dibaca 812 kali
Mendikbud Tetapkan Empat Pokok...
6 bulan yang lalu - dibaca 1680 kali
PPDB 2019 SMP Sistem Zonasi, Nilai USBN...
1 tahun yang lalu - dibaca 5494 kali
Penghapusan Ujian Nasional Tak Otomatis...
1 tahun yang lalu - dibaca 5944 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.51 Mb - Loading : 4.06472 seconds