Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Selasa, 11/06/2019 11:29:38

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to: (1) describe the problem of teachers in designing learning implementation plans; (2) describe the problems in implementing scientific learning; and (3) describe problems in evaluating the affective and psychomotor domains. The approach used in conducting research is a qualitative approach, with a case study design. The results of the study show: (1) the problems in designing a plan for implementing learning are: (a) the teacher feels confused in formulating integrative thematic learning objectives; and (b) the teacher's lack of understanding in making learning plans oriented to 5M-based learning activities; (2) teacher problems in implementing learning based on scientific learning show: (a) the application of lecture methods and one-way communication from the teacher; (b) teachers are less than optimal in conducting class management; (c) lack of students' ability to read and write; and (d) lack of support and motivation from parents towards the development of children in school which results in the completion of school work carried out by parents so that children become irresponsible for their own work; and (3) the problem of teachers in conducting assessment of learning shows: (a) forms of assessment used in assessing student learning outcomes in the form of assessments in writing and verbally; and (b) the assessment conducted by the teacher focuses only on one aspect, namely the cognitive aspect.

 

Abstrak: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan problematika guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran; (2) mendeskripsikan problematika dalam mengimplementasikan scientific learning; dan (3) mendeskripsikan problematika dalam melakukan penilaian pada ranah afektif dan psikomotorik. Pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian ialah pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) problematika dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran ialah: (a) guru merasa kebingungan dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang bersifat tematik integratif; dan (b) ketidakpahaman guru dalam membuat rencana pembelajaran yang berorientasi pada kegiatan pembelajaran yang berbasis 5M; (2) problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis scientific learning menunjukkan: (a) penerapan metode ceramah dan komunikasi satu arah dari guru; (b) guru kurang optimal dalam melakukan manajemen kelas; (c) kurangnya kemampuan siswa dalam membaca dan menulis; serta (d) kurangnya dukungan dan motivasi dari orangtua terhadap perkembangan anak di sekolah yang berakibat pada penyelesaian tugas sekolah yang dilakukan oleh orangtua sehingga anak menjadi tidak bertanggungjawab akan pekerjaannya sendiri; serta (3) problematika guru dalam melakukan penilaian pembelajaran menunjukkan: (a) bentuk-bentuk penilaian yang digunakan dalam menilai hasil belajar siswa berupa penilaian secara tertulis dan secara lisan; dan (b) penilaian yang dilakukan guru hanya berfokus pada satu aspek saja yakni aspek kognitif.

Posting oleh Desi Eri K 2 tahun yang lalu - Dibaca 6161 kali

 
Tag : #Problematika; Implementasi; Kurikulum 2013; Problematic; Implementation; 2013 Curriculum

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Minggu, 24/01/2021 07:23:27
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH DASAR UMUM DAN KEAGAMAAN

Peserta didik saat ini mengalami krisis karakter yang memprihatinkan Penanaman nilai karakter semangat kebangsaan...

Senin, 14/12/2020 09:18:40
PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI LAYANAN EKSTRAKURIKULER

Abstract: Student leadership potential is not enough just developed through learning activities in the classroom but...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 83873 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 63462 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 94297 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 69854 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 68316 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 78030 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 68314 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 50759 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
4 bulan yang lalu - dibaca 2490 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
5 bulan yang lalu - dibaca 3040 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
6 bulan yang lalu - dibaca 3329 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
7 bulan yang lalu - dibaca 3178 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
7 bulan yang lalu - dibaca 4548 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
7 bulan yang lalu - dibaca 4330 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
7 bulan yang lalu - dibaca 4765 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
8 bulan yang lalu - dibaca 5201 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2021 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.52 Mb - Loading : 2.47333 seconds