Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI DOSEN DI PERGURUAN TINGGI SWASTA

Kamis, 13/12/2018 14:17:48

Abstract


Abstract: Teacher and educational institutions as an institution that produces of quality educational graduate, the development of lecturer competence is necessary because of the profession needs. The purpose of this study was to analyze the process of pedagogic lecturer competence developing management. This research used qualitative approach by using  interviews, observation and documentation. The results of this research  are (1) environment analysis of the two universities have strengths, weaknesses, opportunities, and threats, (2)the activities in the strategy construction made formulation team, doing construction of Strategic Planning and socialization of it, (3) the activities carried out in the form of planning;  each study program made an annual work program based on the vision and mission of the faculty that implicated in  the budget program planning, (4) The activities in the implementation such as training, seminars, workshops, postgraduate program for lecturers, (5) in controlling  activities undertaken in those aspects; learning process, research, and lecturer community service and improving the academic position of lecturers within a certain  period, but still found lecturer who teach do not suitable with the her/his qualifications, and  (6)  the activities in evaluating step include evaluation of faculty performance and evaluation of learning  although still found some lecturers who are not productive in research and community service. 

 

Keywords: management, pedagogic lecturer competence, higher education

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis  kegiatan pada aspek; (1) analisis lingkungan; (2)  perumusan strategi, (3) perencanaan; (4) implementasi; (5) pengawasaan; dan (6) penilaian. Metode penelitian ini melalui  pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik  wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) dari hasil analisa lingkungan kedua perguruan tinggi memiliki kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang beraneka ragam, (2) kegiatan yang dilakukaan dalam perumusan strategi yaitu pembentukan tim perumus Rensta, melakukan perumusan, dan sosialisasi, (3) kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan berupa; pembuatan program kerja tahunan prodi yang didasarkan pada visi dan misi fakultas dituangkan dalam rencana anggaran belanja prodi. (4) Kegiatan dalam implementasi berupa pelatihan, seminar, workshop, serta program studi lanjut bagi dosen, (5) kegiatan pengawasan yang dilakukan berupa monitoring pembelajaran, penelitian namun masih ditemukan dosen yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi bidang ilmu nya, dan (6)  kegiatan yang dilakukan dalam penilaian berupa evaluasi kinerja dan evaluasi pembelajaran yang menunjukkan hasil sesuai dengan kriteria yang diharapkan meskipun masih ditemukan dosen yang tidak produktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.



http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/4084

Posting oleh Desi Eri K 10 bulan yang lalu - Dibaca 3031 kali

 
Tag : # manajemen; kompetensi pedagogik; dosen; perguruan tinggi

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Selasa, 20/08/2019 09:15:25
SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNALSEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN

Abstract: This article aims to describing the system of guaranteeing internal quality of schools to ensure that the...

Rabu, 07/08/2019 18:47:34
SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN PROGRAM PENDIDIKAN GRATIS DI PESANTREN

Abstract: This study aims to describe the process of budgeting and allocating free education funds in pesantren,...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
6 tahun yang lalu - dibaca 67548 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
6 tahun yang lalu - dibaca 50579 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
6 tahun yang lalu - dibaca 75169 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
6 tahun yang lalu - dibaca 55784 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
4 tahun yang lalu - dibaca 52947 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
4 tahun yang lalu - dibaca 62496 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
6 tahun yang lalu - dibaca 54489 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
6 tahun yang lalu - dibaca 39476 kali
Info MBS
PPDB 2019 SMP Sistem Zonasi, Nilai USBN...
5 bulan yang lalu - dibaca 1937 kali
Penghapusan Ujian Nasional Tak Otomatis...
7 bulan yang lalu - dibaca 2663 kali
Tahun Ini, 3.725 SMA/SMK se-Jatim Bebas Biaya Pendidikan  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul
Tahun Ini, 3.725 SMA/SMK se-Jatim Bebas...
7 bulan yang lalu - dibaca 2253 kali
APBN 2019, Anggaran Pendidikan Rp 492 Triliun, Terbesar untuk Agama
APBN 2019, Anggaran Pendidikan Rp 492...
11 bulan yang lalu - dibaca 4942 kali
Asah Bakat Sejak Dini, Anak Tumbuh Jadi Remaja Hebat
Asah Bakat Sejak Dini, Anak Tumbuh Jadi...
11 bulan yang lalu - dibaca 3947 kali
"Bersiaplah... Pendaftaran SNMPTN...
2 tahun yang lalu - dibaca 4980 kali
Ini Rekomendasi Penting untuk Ubah Dunia Pendidikan di Indonesia
Ini Rekomendasi Penting untuk Ubah...
2 tahun yang lalu - dibaca 5375 kali
Dongkrak Mutu Tenaga Kerja, Pelatihan Vokasi Butuh Suntikan Beasiswa!
Dongkrak Mutu Tenaga Kerja, Pelatihan...
2 tahun yang lalu - dibaca 4470 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2019 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.55 Mb - Loading : 3.77955 seconds