Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

MENAJEMEN SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGAWAN INTERNASIONAL

Minggu, 12/05/2018 12:41:45

Abstract:the purpose of this study is to determine: (1) the recruitment of students / athletes
SKOI, (2) the learning process of students / athletes SKOI, (3) the results of National
Examination student / athletes SKOI. (4) the results of achievements at local, national, and
international student / athletes SKOI, (5) barriers and solutions of the students / athletes SKOI.
The approach used is qualitative method by using data collection techniques are observation.
The results of the research is the process of admission of students / athletes by letter calls
from diknas cities and counties. Learning process by using the same curriculum 2006 regular
schools, but in practice there are some differences. The results of both semester exams and
passing the national exam 100%. Sporting achievements championship results obtained in
the national and international scale. Barriers faced is the lack of socialization with the district
/ city, teaching hours, in contrast to regular schools, the semester schedule sometimes clash
with the event and national exams, as well as the lack of tournaments between students and
the lack of involvement in national and international championships.


Keywords: school management, special school, athlete school


Abstrak: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) rekrutmen siswa/atlit SKOI,
(2) proses pembelajaran siswa/atlit SKOI, (3) hasil Ujian Nasional siswa/atlit SKOI. (4)
hasil prestasi daerah, nasional, dan internasional siswa/atlit SKOI, (5) hambatan dan solusi
yang dimiliki siswa/atlit SKOI. Pendekatan yang digunakan yaitumetode kualitatif dengan
menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi.Hasil penelitian yaitu proses
penerimaan siswa/atlit dengan melalui surat panggilan dari diknas kota dan kabupaten. Proses
pembelajaran dengan menggunakan kurikulum tahun 2006 sama sekolah reguler, namun
dalam pelaksanaannya ada beberapa perbedaan. Hasil ujian semester baik dan kelulusan
ujian nasional 100%. Prestasi olahraga hasil kejuaraan diperoleh dalam skala nasional dan
internasional. Hambatan yang dihadapiyaitu kurangnya sosialisasi dengan kabupaten/kota,
jam belajar berbeda dengan sekolah reguler, jadwal semester terkadang benturan dengan
acara dan ujian nasional, serta minimnya turnamen antar pelajar dan kurangnyaketerlibatan
dalam kejuaraannasional dan internasional.


Kata kunci: manajemen sekolah, sekolah khusus, sekolah olahragawan


La Sunu, Andi Ichrar Asbas, Labulan Labulan

sumber (http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1861)

Posting oleh Desi Eri K 2 tahun yang lalu - Dibaca 3416 kali

 
Tag : #MBS #manajemenkelasolahraga #manajemenkelas

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Selasa, 04/08/2020 09:12:57
New Normal Sekolah, Antara Sif Belajar dan Modifikasi Materi

Kehidupan new normal di sekolah dan kampus dinilai mesti diatur secara rinci dengan melibatkan sumber daya yang tak...

Selasa, 28/07/2020 08:31:58
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum

Kegiatan belajar dari rumah (BDR) bukan perkara yang mudah, termasuk bagi orangtua. Alhasil, tidak sedikit orangtua...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 74283 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 55813 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 83385 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 61717 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 60258 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 69373 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 60439 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 44602 kali
Info MBS
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
1 minggu yang lalu - dibaca 42 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
3 minggu yang lalu - dibaca 111 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
1 bulan yang lalu - dibaca 254 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
1 bulan yang lalu - dibaca 334 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
2 bulan yang lalu - dibaca 435 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
2 bulan yang lalu - dibaca 571 kali
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
5 bulan yang lalu - dibaca 1105 kali
Mendikbud Tetapkan Empat Pokok...
7 bulan yang lalu - dibaca 2005 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.52 Mb - Loading : 0.18932 seconds