Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Workshop Tim Pengembang Bimtek EDS dan MBS

Selasa, 17/11/2015 05:02:34

02EDS-MBS.jpg
Foto : Peserta workshop mengikuti sesi pembukaan

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta melalui seksi TK dan SD, Bidang Pedidikan LB dan Pendidikan Dasar menyelenggarakan dua event penting pada 10 s.d. 13 Oktober 2015, guna menggalakkan peningkatan mutu pendidikan di DIY. Berupa Workshop Tim Pengembang Bimbingan Teknis Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar tingkat Kabupaten/Kota. Dua kegiatan ini dilaksanakan secara bersamaan di Hotel LPP Garden Yogyakarta.

Kegiatan EDS dan MBS diikuti oleh masing-masing 6 orang dari setiap kabupaten/kota di DIY. Dari keenam peserta itu, salah satunya adalah pengawas SD pembina. EDS merupakan salah satu upaya dalam penjaminan mutu sekolah yang dilakukan oleh unsur internal dan eksternal, demi terselenggarakannya pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Sementara MBS merupakan sebuah upaya untuk mencapai target sasaran rencana strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain tentunya sebagai bagian dari strategi dalam memperkuat demokrasi pendidikan melalui pemberian kewenangan ke tingkat sekolah.

Kepala Seksi TK & SD yang juga ketua panitia penyelenggara, Drs. Surti Raharyanta mengatakan bahwa sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang memenuhi delapan standar nasional pendidikan. Salah satu upaya pemenuhan standar tersebut adalah melalui EDS. Selain itu, EDS juga digunakan sebagai langkah persiapan bagi sekolah dalam proses pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Pada akhirnya, diharapkan sekolah dapat lebih siap untuk diakreditasi.

Kegiatan EDS bertujuan untuk membentuk Tim Pengembang Kabupaten/Kota (TPK) yang mampu membina, mendampingi dan melaksanakan EDS serta menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) dalam rangka pendampingan sekolah. Dalam rangka merealisasikan tujuan itu, panitia menghadirkan narasumber yang terdiri dari Tim Pembina Nasional (TPN), Tim Dinas Dikpora DIY, dan Tim Pembina Provinsi (TPP). Para narasumber diminta untuk memberikan informasi dan regulasi terkini kepada segenap peserta workshop bimtek EDS dan MBS tingkat Kabupaten/Kota.

Sementara MBS, meskipun sudah mulai digelar sejak tahun 1999, namun implementasinya dalam ranah praksis di lapangan belum sesuai dengan yang diharapkan. “Hal ini disebabkan belum terlaksananya pola pengembangan MBS secara sistematis, terpadu, dan berkelanjutan, serta pemahaman terhadap keputusan dan pelaksana yang masih beragam,” ujar Drs Surti Raharyanta.

Kegiatan MBS kali ini menghendaki tercapainya tiga output utama, pertama, meningkatkan pemahaman tentang konsep dan strategi implementasi MBS secara komprehensif dan sharing pengalaman antar TPK. Kedua, teridentifikasi dokumen administrasi MBS dan menyusun pedoman praksis kegiatan sekolah. Ketiga, tersusunnya RTL pelaksanaan MBS di tingkat kecamatan. Sehingga, selain melibatkan narasumber dari TPN, Dinas Dikpora DIY, dan TPP, panitia MBS juga menghadirkan unsur dari Direktorat Pembinaan SD.

Menurut kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R Kadarmanta Baskara Aji, mutu pendidikan tidak bisa diukur dari hasil nilai ujian atau rapor peserta didik. Banyak proses lain di sebalik hasil yang diperolah itu. Karena itu, mutlak diperlukan adanya evaluasi diri sekolah yang berkelanjutan untuk meningkatkan prestasi sekolah. Para peserta diharapkan mampu memenuhi standar isi (proses pembelajaran) dan standar kelulusan para peserta didik (penilaian terhadap kompetensi).

Kadis Dikpora DIY menambahkan, “Kedepan, masyarakat akan memilih sekolah berdasarkan pada akreditasi, bukan pada faktor jarak yang dekat dengan sekolah atau karena banyak dibicarakan.” Untuk itu, beliau mengharapkan para peserta EDS dan MBS bisa memanfaatkan moment ini untuk berdiskusi bareng, berbagi ide dan pengalaman, sebagai upaya menemukan rumusan untuk dibawa ke sekolah

Sumber : http://www.pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/?view=v_berita&id_sub=3961

Posting oleh Tim Pengembang MBS 5 tahun yang lalu - Dibaca 30197 kali

 
Tag : #Workshop MBS # MBS

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 30/11/2020 09:07:18
Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Swasta Unggul

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan budaya organisasi Sekolah Menengah Pertama Swasta...

Senin, 09/11/2020 08:38:41
Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Malang. Pandemi covid-19 rupanya tak kunjung membaik hingga memasuki tahun ajaran baru 2020/2021. Namun sudah terlihat...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 78951 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 59488 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 88643 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 65636 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 64302 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 73850 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 64501 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 47431 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
2 bulan yang lalu - dibaca 1034 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
3 bulan yang lalu - dibaca 1411 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
4 bulan yang lalu - dibaca 1564 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
5 bulan yang lalu - dibaca 1479 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
5 bulan yang lalu - dibaca 2273 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
5 bulan yang lalu - dibaca 2213 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
6 bulan yang lalu - dibaca 2532 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
6 bulan yang lalu - dibaca 3123 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.51 Mb - Loading : 1.04675 seconds