UNESCO Mengadakan Lokakarya & Pelatihan Program MBS di Yogyakarta dan Makassar
Minggu, 27/06/2015 10:25:43
Salah satu program kerja sama antara Kemdibud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dengan UNESCO tahun 2015 adalah penyelenggaraan Lokakarya dan Pelatihan Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Lokakarya Program (MBS) diperuntukkan bagi pejabat struktural dan atau staf yang menangani sekolah dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan Kabupaten/Kota serta pejabat fungsional di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP). Pelatihan Program MBS diselenggarakan untuk guru, kepala sekolah dan pengawas SD di wilayah binaan program MBS kerjasama Kemdikbud dengan UNESCO dan UNICEF pada tahun – tahun sebelumnya secara sampel di wilayah timur (Provinsi Sulawesi Selatan ) meliputi: Kota Makasar, Kab.Gowa, Kab. Takalar, Kab. Jeneponto, Kab. Bantaeng dan Kab.Bone) dan wilayah barat (Provinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat).
Kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Program MBS dilakukan dengan pelaksanaan Lokakarya Program MBS terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan Pelatihan Program MBS. Secara umum kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai konsep dan penerapan MBS secara komprehensif sesuai dengan perkembangan keilmuan dan regulasi yang berlaku serta praktek pengalaman yang baik guna memberikan dukungan dan fasilitasi sehingga sekolah dasar dapat lebih terdorong melaksanakan MBS dengan baik sebagai upaya untuk meningkatkan mutu kinerja sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
Kemdikbud bekerjasama dengan UNESCO menyelenggarakan kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Program MBS untuk lebih memantapkan persepsi dan langkah gerak dalam upaya secara sinergis untuk dapat menyebarluaskan peningkatan pelaksanaan MBS di sekolah dasar secara merata. Selain itu Kemdikbud melalui PUSTEKOM bekerjasama dengan UNESCO telah pula melakukan pengembangan Video Program MBS tentang program MBS. Pengembangan video instruksional tersebut menjadi salah satu sumber materi dalam kegiatan ini dan diharapkan akan membantu guru, kepala sekolah, pengawas dan pembina pendidikan dalam penyebaran serta peningkatan pelaksanaan MBS di sekolah sekolah.
Kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Program MBS dilakukan dengan 2 (dua) tahapan kegiatan. Pertama kegiatan Lokakarya tentang Program MBS yang diikuti oleh para pejabat yang menangani pendidikan ditingkat provinsi , kabupaten/kota serta pejabat /widyaiswara pada LPMP dengan harapan agar mereka lebih mengetahui esensi MBS sehingga diharapkan dapat lebih memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap pelaksanaan program MBS. Kedua, kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Program MBS yang diperuntukan bagi para guru, kepala sekolah dan pengawas yang berasal dari daerah dan sekolah dasar yang telah memperoleh pembinaan dari program MBS atau dikenal pula dengan CLCC (Creating Learning Community for Children).
Bapak Faisol Muslim dari UNESCO menyatakan tujuan Loka karya Program MBS yaitu untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai esensi pentingnya MBS secara komprehensif dalam upaya peningkatan mutu pendidikan sesuai regulasi dan konsep keilmuan serta pengalaman praktek yang baik dan untuk meningkatkan dukungan dan fasilitasi terhadap program MBS sehingga sekolah dasar di wilayah binaan peserta dapat menerapkan MBS dengan baik sebagai upaya meningkatkan kinerja sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan .
Drs. Trias Subarkah, ketua pelaksana kegiatan, menyatakan tujuan Pelatihan Program MBS yaitu untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai konsep dan hakikat serta strategi pelaksanaan MBS yang akan menjadi referensi dalam penerapan MBS dengan baik secara komprehensif sesuai konsep keilmuan, regulasi serta praktek pengalaman pelaksanaan MBS yang baik, untuk memperoleh keterampilan menggunakan Video Program MBS dalam menyebarluaskan program MBS kepada pihak lain di sekolah , gugus atau tempat lainnya, untuk mengetahui berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program MBS dan solusi pemecahannya, dan ntuk dapat melakukan identifikasi dan pemaparan inovasi-inovasi atau cara cara baru yang dapat dilakukan dalam implementasi pelaksanaan program MBS.
Kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Program MBS untuk wilayah barat dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 12-16 Juni 2015 wilayah timur dilaksanakan di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 21 s.d. 25 Juni 2015. Hasil Lokakarya Program MBS yaitu meningkatnya pemahaman peserta mengenai konsep dan program MBS secara regulasi dan keilmuan serta pengalaman praktek yang baik guna mendorong sekolah dasar melaksanakan MBS dengan baik dan komprehensif guna peningkatan mutu kinerja sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan meningkatnya dukungan dan fasilitasi terhadap program MBS sehingga sekolah dasar di wilayah binaan peserta dapat menerapkan MBS dengan baik
Hasil Pelatihan Program MBS yaitu meningkatnya pemahaman dan kemampuan peserta dalam melaksanakan MBS secara komprehensif yang meliputi tujuh bidang/pilar melalui tayangan video instruksional. Selain itu diperolehnya keterampilan peserta dalam menggunakan Video Program MBS ini untuk menyebarluaskan program MBS kepada pihak lain di sekolah , gugus atau tempat lainnya. Hasil lainnya yaitu diperolehnya identifikasi permasalahan yang dihadapi peserta dalam pelaksanaan program MBS dan solusi pemecahannya. Terakhir, diperolehnya identifikasi dan paparan megenai inovasi-inovasi baru atau cara cara baru yang dapat dilakukan dalam implementasi pelaksanaan program MBS.
Posting oleh Teguh Triwiyanto 9 tahun yang lalu - Dibaca 75350 kali
Tag :
#MBS # unesco
Berikan Komentar Anda
Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Artikel
Senin, 08/03/2021 10:49:35Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan
JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....
Artikel
Selasa, 02/03/2021 09:57:29KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI
Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...
7 Pilar MBS
Pilar
Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah.
Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Penelitian
Penelitian
http://journal.um.ac.id/index.php/jmp/article/view/6093
Modul dan Pedoman
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan...
Senin, 08/03/2021 10:49:35
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH...
Selasa, 02/03/2021 09:57:29
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH...
Senin, 15/02/2021 15:16:57
PENINGKATAN PARTISIPASI ORANGTUA PESERTA DIDIK...
Rabu, 03/02/2021 08:59:00
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH...
Minggu, 24/01/2021 07:23:27
PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI...
Senin, 14/12/2020 09:18:40
Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Swasta...
Senin, 30/11/2020 09:07:18
Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran di Masa...
Senin, 09/11/2020 08:38:41
Fokus Hari Ini
Tags
Berita Pilihan
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan...
Senin, 08/03/2021 10:49:35
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH...
Selasa, 02/03/2021 09:57:29
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH...
Senin, 15/02/2021 15:16:57
PENINGKATAN PARTISIPASI ORANGTUA PESERTA DIDIK...
Rabu, 03/02/2021 08:59:00
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH...
Minggu, 24/01/2021 07:23:27
PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI...
Senin, 14/12/2020 09:18:40
Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Swasta...
Senin, 30/11/2020 09:07:18
Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran di Masa...
Senin, 09/11/2020 08:38:41
Terpopuler
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
11 tahun yang lalu - dibaca 138180 kali
Paket Pelatihan 2
11 tahun yang lalu - dibaca 110437 kali
Paket Pelatihan 1
11 tahun yang lalu - dibaca 155013 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
11 tahun yang lalu - dibaca 115174 kali
MODUL 6 UNIT 3
9 tahun yang lalu - dibaca 120531 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
9 tahun yang lalu - dibaca 134796 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
11 tahun yang lalu - dibaca 115011 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
11 tahun yang lalu - dibaca 92458 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
4 tahun yang lalu - dibaca 27820 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
4 tahun yang lalu - dibaca 28739 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
4 tahun yang lalu - dibaca 48203 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi
4 tahun yang lalu - dibaca 54168 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
4 tahun yang lalu - dibaca 69411 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
4 tahun yang lalu - dibaca 43683 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
4 tahun yang lalu - dibaca 42466 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
4 tahun yang lalu - dibaca 61642 kali