Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Pengorganisasian Layanan Khusus Asrama Berbasis Sekolah

Minggu, 20/09/2014 07:01:15

Asrama adalah suatu tempat penginapan yang ditujukan untuk anggota suatu kelompok, umumnya murid-murid sekolah dan Asrama biasanya merupakan sebuah bangunan dengan kamar-kamar yang dapat ditempati oleh beberapa penghuni di setiap kamarnya. Para penghuni asrama biasanya tinggal di asrama untuk jangka waktu yang lama dikarenakan tempat tinggalnya yang jauh dari tempat mereka bersekolah.

Dalam sebuah sekolah asrama sekolah merupakan tempat dimana para siswa bertempat tinggal dalam jangka waktu yang relatif tetap bersama dengan guru sebagai pengasuhnya yang memberikan bantuan kepada para siswa dalam proses pengembangan pribadinya melalui proses penghayatan dan pengembangan nilai budaya. Pada umumnya asrama sekolah itu terdapat pada sekolah yang sudah memiliki kualitas baik di bidang pendidikan dan murid-murid yang bersekolah di sekolah tersebut kebanyakan tempat tinggalnya jauh dari tempat mereka bersekolah sehingga sekolah tersebut harus membuat asrama sekolah untuk mereka yang rumahnya jauh dari sekolah.

Selain faktor tempat tinggal yang jauh dari sekolah biasanya sekolah membuat asrama tersebut ditujukan untuk murid-murid yang berprestasi tetapi tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan sekolahnya. Di asrama mereka di bina untuk dapat hidup mandiri dapat menghasilkan uang sendiri dengan berwirausaha. Dengan diberikan keterampilan berwirausaha mereka dapat menghasilkan uang untuk kebutuhan mereka sendiri-sendiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

Dalam penyelenggaraannya asrama sekolah itu bertujuan untuk menunjang keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan di sekolah selanjutnya asrama sekolah juga bertujuan memberikan bimbingan kepada siswa (penghuni asrama sekolah), menanamkan rasa disiplin pada diri sendiri, membiasakan para siswa untuk mencintai belajar bersama-sama dengan teman sebayanya, membantu para siswa agar dapat menyesuaikan diri pada kehidupan sosial dalam lingkungan sebaya, dan membantu para siswa dalam proses pengembangan pribadinya melalui penghayatan dan pengembangan nilai-nilai kecerdasan dan keterampilan.

Selain memiliki tujuan untuk menunjang keberhasilan pendidikan didirikannya asrama itu harus mempunyai prinsip-prinsip yang dapat membangun pengelolaan asrama yang bermutu. Prinsipnya harus sesuai dengan tujuan menyelenggarakan asrama, karena asrama bukanlah tempat podokan atau indekost, namun merupakan suatu hunian sekelompok individu yang relatif sama. Ide-ide pengelola asrama sekolah tidak akan terlepas dari lokasi, lingkungan dan situasi sekolah. Dalam sebuah asrama sekolah hendaknya diciptakan suatu suasana “home”, yaitu situasi dimana para penghuni asrama merasa berada di rumahnya sendiri, sehingga mereka selalu bersikap wajar dan merasa turut memiliki asrama tersebut.

Selanjutnya asrama hendaknya memberikan pengaruh positif dalam pembentukan dan penanaman sikap serta kebiasaan-kebiasaan yang baik pada diri murid-murid. Asrama juga perlu menetapkan tata tertib dan disiplin yang disertai dengan usaha pengawasan untuk membantu pertumbuhan sikap yang baik bagi para penghunimu serta pengawasan dalam asrama hendaknya dilakukan secara bersahabat dan kekeluargaan sehingga para penghuni tidak merasa selalu diawasi.

Penyelenggaran asrama sekolah merupakan usaha sekolah untuk memfasilitasi murid-muridnya agar dapat bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya dalam mengikuti kegiatan dan dapat menjadi orang yang lebih mandiri, disiplin dan mematuhi peratuhan yang diberikan di asrama sehingga dalam hal ini sangat diperlukan pengorganisasian pengurus asrama sekolah. Karena dalam pengorganisasian asrama sekolah memerlukan pengelolaan yang serius agar penyelenggaraan asrama dapat berjalan seperti yang diharapkan serta mewujudkan cita-cita pengadaan asrama, maka diperlukan pelaksana yang lengkap dan sesuai dengan dengan kebutuhan asrama sekolah tersebut.

Pengorganisasian asrama sekolah itu dibutuhkan agar dalam penyelenggaraan asrama sekolah tersebut berjalan efektif dan efisien sesuai dengan rencana yang diharapkan. Oleh karena itu, perlu dibentuk organisasi pengurusan asrama sekolah yang terdiri atas Bapak/Ibu asrama dan dibantu oleh beberapa pengawas. Seorang Bapak/Ibu asrama yang dibantu oleh beberapa orang pengawas beserta regu-regu kerja dalam bidang-bidang tertentu. Bapak/Ibu asrama berfungsi sebagai pengawas umum yaitu penanggung jawab atas seluruh situasi dan penyelenggaraan asrama sebagai suatu kesatuan yang integral.Sedangkan pengawas yang mempunyai fungsi membantu Bapak/ibu asrama dalam menjalankan kebijaksanaan dan pengelola asrama sekolah.

Dalam kepengurusannya Bapak/Ibu Asrama bertugas menjaga penghuni asrama yaitu murid-murid sekolah yang tinggal di asrama agar mereka tidak melanggar peraturan yang sudah diberikan oleh asrama sekolah dimulai dengan peraturan keluar masuk asrama sekolah harus lapor kepada Bapak/Ibu Asrama, jam malam untuk tamu yang datang pukul 21.00 malam dan tamu yang datang untuk mengunjungi penghuni asrama harus melapor pada Bapak/Ibu Asrama dan harus meninggalkan identitas seperti kartu pelajar dan KTP. Sedangkan pengawas asrama pertugas membantu Bapak/Ibu asrama dalam menjalankan pengelolaan asrama sekolah mulai dari memantau keadaan asrama, fasilitas-fasilitas asrama dan penghuni asrama.

Mekanisme Kepengurusan Asrama Sekolah

  1. Kepala Sekolah bertanggung jawab dalam penyelenggaraan dan pengelolaan asrama sekolah.
  2. Tim Pengelola bertugas menetapkan dan melaksanakan kebijakan seluruh mekanisme kerja kehidupan asrama sekolah. Dalam melaksanakan tugas keseharian, Tim Pengelola dibantu oleh Pembina dan Pengurus Rumah Tangga Asrama (PRTA).
  1. Pembina asrama bertugas membimbing warga asrama dalam kehidupan sehari-hari dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan asrama.
  2. Pengurus Rumah Tangga Asrama (PRTA) bertugas menyusun dan melaksanakan program kegiatan tahunan serta melaksanakan program pembinaan di asrama sekolah.

 

15clcc_cirebon221.JPG

Posting oleh Siska Agustina 10 tahun yang lalu - Dibaca 73958 kali

 
Tag : #Pengorganisasian # Asrama

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 08/03/2021 10:49:35
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan

JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....

Selasa, 02/03/2021 09:57:29
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI

    Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
11 tahun yang lalu - dibaca 138131 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
11 tahun yang lalu - dibaca 110376 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
11 tahun yang lalu - dibaca 154951 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
11 tahun yang lalu - dibaca 115132 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
9 tahun yang lalu - dibaca 120470 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
9 tahun yang lalu - dibaca 134762 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
11 tahun yang lalu - dibaca 114969 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
11 tahun yang lalu - dibaca 92422 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
4 tahun yang lalu - dibaca 27800 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
4 tahun yang lalu - dibaca 28725 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
4 tahun yang lalu - dibaca 48160 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
4 tahun yang lalu - dibaca 54137 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
4 tahun yang lalu - dibaca 69386 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
4 tahun yang lalu - dibaca 43661 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
4 tahun yang lalu - dibaca 42445 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
4 tahun yang lalu - dibaca 61616 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2024 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.5 Mb - Loading : 7.04291 seconds