Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Apa Itu Manajemen Layanan Khusus Berbasis Sekolah?

Jum'at, 12/12/2014 09:43:22

Teguh Triwiyanto Manajemen layanan khusus kesehatan berbasis sekolah yang dilaksanakan di sekolah pada dasarnya dibuat untuk mempermudah atau memperlancar pembelajaran, serta dapat memenuhi kebutuhan khusus siswa di sekolah. Pelayanan khusus kesehatan berbasis sekolah diselenggarakan di sekolah dengan maksud untuk memperlancar pelaksanaan proses pembelajaran maupun proses belajar mengajar dalam rangka pencapain tujuan pendidikan di sekolah. Pendidikan kesehatan di sekolah antara lain juga berusaha agar peserta didik senanatiasa berada dalam keadaan baik, baik disini menyangkut aspek jasmani maupun rohaninya.

Manajemen berbasis sekolah memiliki peluang besar dalam mendorong gerakan pendididkan sekolah disekolah. Terutama kemampuan kepala sekolah dalam mewujudkan layanan kesehatan yang mampu di kelola dan dikembangkan oleh sekolah dan warga sekolah. Layanan kesehatan berbasis sekolah yang dilaksanakan di sekolah biasanya dibentuk sebuah wadah yang bernama Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Unit kesehatan sekolah adalah usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan disekolah dan dikelola sekolah guna memebri layanan kesehatan kepada sekolah. Sasaran utama UKS adalah untuk meningkatkan atau membina kesehatan peserta didik dan lingkungan hidupnya. Program layanan kesehatan berbasis sekolah yang dilaksakan di sekolah adalah sebagai berikut: menciptakan lingkungan hidup yang lebih sehat di sekolah, melaksanakan Pendidikan kesehatan di sekolah, dan melaksanakan Pemeliharaan kesehatan di sekolah.

Peranan kepala sekolah dan guru sangat besar dalam layanan khusus kesehatan berbasis sekolah. Kepala sekolah dan Guru harus selalu memperhatikan lingkungan dan kesehatan peserta didiknya sewaktu-waktu. Melakukan Pemeriksaan kesehatan umum maupun khusus kepada peserta didik  yang dapat diadakan secara berkala maupun rutin. Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan Sejak awal masuk sekolah dan harus sudah mulai diajarkan hidup sehat dimanapun, membuat lingkungan sehat, pemberantasan terhadap penyakit, sehingga peserta didik terpelihara kesehatan jasmani dan rohaninya.

Penyelenggara UKS memerlukan kerjasama antara seluruh warga sekolah. Setiap warga sekolah hendaknya menjalankan tugasnya sebaik-baiknya. Kepala sekolah dan para guru sebagai penanggung jawab umum, sedangkan peserta didik membantu pelaksanaan denga piket secara bergiliran. Disamping penanggungjawab umum, hendaknya ada penanggungjawab bidang pendidikan kesehatan, bidang kebersihan lingkungan kelas sehat, bidang pemeliharan (pemeriksaan dan pemeliharaan) kesehatan dan penanggungjawab mengenai usaha-usaha yang dijalankan sekolah (misalnya : kantin sekolah, usaha berternak, bertelur, dll).

Komponen yang penting dalam pengorganisasian layanan kesehatan berbasis sekolah yang dilaksanakan di sekolah untuk mengembangkan program layanan kesehatan di sekolah yaitu sebagai berikut petugas kesehatan, petugas pendidikan di sekolah, orang tua atau masyarakat, dan peserta didik.

Dari komponen – komponen tersebut, maka tujuan pengorganisasian yang dilakukan dalam layanan khusus berbasis sekolah yaitu upaya menggerkan dan membina peserta didik serta mengembangkan kerja sama dalam menciptakan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan disekolah yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan khusus kesehatan berbasis sekolah adalah suatu proses kegiatan memberikan pelayanan kebutuhan kepada peserta didik untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar tujuan pendidikan bisa tercapai secara efektif dan efisien di sekolah. Mengingat pentingnya manajemen layanan khusus kesehatan di suatu sekolah merupakan bagian penting dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang efektif dan efisien. Maka dari itu, sekolah tidak hanya memiliki tanggung jawab dan tugas untuk melaksanakan proses pembelajaran dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, melainkan harus menjaga dan meningkatkan kesehatan baik jasmani maupun rohani peserta didik dan memberikan rasa aman pada siswa selama siswa belajar di sekolah.

 

Posting oleh Dina Ni'matul Maghfiroh 3 tahun yang lalu - Dibaca 27047 kali

 
Tag : #pengertian # manajemen layanan khusus

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Jum'at, 10/11/2017 18:27:46
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak

Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak Kamis, 09 Nov 2017 13:05 | editor : Dzikri Abdi...

Minggu, 28/10/2017 07:10:16
Jembatani Kompetensi Siswa dengan Kebutuhan Pelaku Dunia Usaha

JawaPos.com – JAPFA Foundation sejak 2015 berkelanjutan memfokuskan diri pada pembinaan Sekolah Menengah...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
4 tahun yang lalu - dibaca 45241 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
4 tahun yang lalu - dibaca 35275 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
4 tahun yang lalu - dibaca 48752 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
4 tahun yang lalu - dibaca 37873 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
2 tahun yang lalu - dibaca 32441 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
2 tahun yang lalu - dibaca 39009 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
4 tahun yang lalu - dibaca 35478 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
4 tahun yang lalu - dibaca 24208 kali
Info MBS
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
1 minggu yang lalu - dibaca 25 kali
Jembatani Kompetensi Siswa dengan Kebutuhan Pelaku Dunia Usaha
Jembatani Kompetensi Siswa dengan...
3 minggu yang lalu - dibaca 117 kali
Pendidikan Informal untuk Penguatan Pembelajaran di Daerah Tertinggal
Pendidikan Informal untuk Penguatan...
1 bulan yang lalu - dibaca 284 kali
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak Perbatasan
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak...
2 bulan yang lalu - dibaca 308 kali
Program Keahlian Ganda Butuh Praktik Mengajar Realistik
Program Keahlian Ganda Butuh Praktik...
2 bulan yang lalu - dibaca 416 kali
Permen tentang Penguatan Pendidikan Karakter Disiapkan dalam Sepekan
Permen tentang Penguatan Pendidikan...
2 bulan yang lalu - dibaca 684 kali
Pemerataan Pendidikan Siapkan SDM Berkarakter dan Berdaya Saing
Pemerataan Pendidikan Siapkan SDM...
2 bulan yang lalu - dibaca 849 kali
72 Tahun Merdeka, Apa Kabar Pendidikan Indonesia?
72 Tahun Merdeka, Apa Kabar Pendidikan...
3 bulan yang lalu - dibaca 638 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2017 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.61 Mb - Loading : 2.01221 seconds