Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Bagaimana Membuat Perencanaan Layanan Laboratorium Berbasis Sekolah?

Senin, 22/06/2015 04:28:39

42sbm.jpg

Perencanaan merupakan sebuah proses pemikiran yang sistematis, analitis, logis tentang kegiatan yang harus dilakukan, langkah-langkah, metode, SDM, tenaga dan dana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan secara efektif dan efisien.
Laboratorium adalah suatu tempat baik tertutup maupun terbuka yang dipergunakan untuk melaksanakan praktikum, penyelidikan, percobaan, pengembangan dan bahan pembakuan.

Dalam perencanaan laboratorium dimaksudkan untuk merencanakan konsep dari suatu laboratorium itu sendiri. Bagaimanakah bentuk laboratorum yang ideal? Berapa besarkah ukurannya? Pertanyaan-pertanyaan ini tidak serta merta dapat kita dijawab, karena sebuah laboratorium dibangun untuk tujuan tertentu. Artinya sebelum laboratorium itu dibangun harus tahu dulu untuk keperluan apa dan untuk dipakai siapa laboratorium tersebut. Misalnya laboratorium yang akan digunakan untuk pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah tentunya akan memiliki bentuk yang berbeda dengan laboratorium untuk penelitian. Demikian pula, laboratorium untuk penelitian atau percobaan fisiologi tumbuhan akan berbeda dengan laboratorium untuk ekologi. Pada umumnya bentuk, ukuran dan tata ruang suatu laboratorium didesain sedemikian rupa sehingga pemakai laboratorium mudah melakukan aktivitasnya.

Disamping bentuk, ukuran laboratorium perlu mendapat perhatian, karena fungsi laboratorium di sekolah-sekolah tidak hanya digunakan untuk percobaan yang bersifat individual. Umumnya laboratorium digunakan untuk berbagai kegiatan percobaan dalam konteks proses belajar mengajar. Jumlah siswa yang melebihi kapasitas ruangan laboratorium dalam satu kali percobaan akan mengganggu kenyamanan dan jalannya percobaan atau aktivitas lainnya.

Untuk perencanaan program laboratorium perlu dilakukan pengadaan gedung dan juga pengadaan alat dan bahan. Pengadaan gedung harus memperhatikan tata letak laboratorium diantaranya:
  1. Lokasi Syarat umum lokasi : (a) Tidak terletak di arah angin,yaitu untuk menghindari polusi terhadap kamar lain; (b) Mempunyai jarak cukup jauh terhadap sumber air, untuk menghidari pencemaran air; (c) Mempunyai saluran pembuangan tersendiri untuk menghindari pencemaran penduduk; (d) Mempunyai jarak cukup jauh terhadap bangunan lain untuk memberikan ventilasi yang cukup dan penerangan alami yang optimum; dan (e) Terletak pada bagian yang mudah dikontrol.
  2. Luas Ukuran Laboratorium Untuk 40 orang siswa ukuran laboratorium yang baik : lebar 8-9 meter dan panjang 11-12 meter atau untuk setiap siswa digunakan lebih kurang 2,5 m2. Selain itu dalam perencanaan program laboratorium yang harus dilakukan adalah pengadaan alat dan bahan untuk pengadaan alat-alat laboratorium diperoleh dari Proyek penyediaan fasilitas laboratorium sekolah Diknas dan dari pembelian sekolah.
  3. Sebelum pembelian alat dan bahan laboratorium perlu dipikirkan hal-hal yang berikut : (a) Percobaan apa yang akan dilakukan; (b) Alat/bahan apa yang akan dibeli; (c) Pengetahuan tentang penggunaan alat yang dibeli; (d) Adanya dana; (e) Jenis ukuran alat/bahan yang akan dibeli; (f) Prosedur pembelian; dan (g) Pelaksanaan pembelian.
  4. Adapun fasilitas laboratorium terdiri dari sebagai berikut: (a) Perabot, yang terdiri dari meja, kursi, bangku, rak, alat, dan bahan; (b) Perkakas yang terdiri dari pisau, sabit, bendo, berang, gunting, palu, obeng, pelubang, gergaji, gabung, kikir, pengungkit, pemotong, pengepres, dan sebagainya; (c) Alat peraga yang terdiri dari model, bagan, gelas, buku, peta, gambar, instrumen, skenario, film, foto, dan sebagainya; (d) Kotak obat, lengkap dengan obat-obatan yang lazim dibutuhkan bila misalnya saja, ada di antara peserta didik yang mengalami kecelakaan ketika bekerja di laboratorium; dan (e) Alat pemadam kebakaran, yang dipergunakan sewaktu-waktu bila terjadi kebakaran.

Posting oleh Fitria Anike Widyawati 5 tahun yang lalu - Dibaca 10669 kali

 
Tag : #Perencanaan # Layanan Laboratorium Berbasis Sekolah

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Jum'at, 23/10/2020 17:22:51
Mengembangkan Kompetensi Kepala Sekolah di Masa Pandemi

Tidak hanya Belajar dari Rumah (BDR), kepala sekolah itu penuh tantangan dan peluang untuk mengembangkan kompetensinya....

Senin, 12/10/2020 10:45:00
ANALISIS DAMPAK ANJURAN PEMERINTAH TERHADAP BELAJAR DI RUMAH BAGI PELAKU PENDIDIKAN

Dunia sedang mengalami pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Penerapan kebijakan Work From Home (WFH)...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 76915 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 57880 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 86430 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 63850 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 62561 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 71882 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 62758 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 46098 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
3 minggu yang lalu - dibaca 161 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
2 bulan yang lalu - dibaca 611 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
3 bulan yang lalu - dibaca 686 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
3 bulan yang lalu - dibaca 685 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
4 bulan yang lalu - dibaca 1245 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
4 bulan yang lalu - dibaca 1261 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
4 bulan yang lalu - dibaca 1450 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
5 bulan yang lalu - dibaca 1941 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.51 Mb - Loading : 0.40723 seconds