PERENCANAAN LAYANAN KHUSUS TRANSPORTASI BERBASIS SEKOLAH
Aditya Chandra Setiawan
Penentuan Rute Bus Secara Kerjasama
Administrator, sopir, dan pewakilan pengusaha (business office representatif) sebaiknya secara dini bertemu dalam musim panas untuk merencanakan rute bus untuk tahun ajaran yang akan datang. Sewajarnya, langkah pertama dalam proses ini adalah mendaftarkan semua siswa yang memenuhi syarat melalui tempat tinggalnya.Setiap shiftdalam populasi siswa atau penyesuaian kecil dari garis batas sekolah mungkin membuat perbedaan yang besar dalam rute bus yang telah dibuat. Satu-satunya alat terbaik untuk merencanakan adalah peta pengangkutan distrik, yang disediakandan disimpan dengan baik oleh administrasi sekolah, peta itu sebaiknya didasarkan pada data siswa yang memenuhi syarat. Data itu meliputi nama, umur, kelas (tingkat), dan nomor urut rumah siswa setiap tinggal didaerah yang akan dilayani, dan harus dikumpulkan untuk anak-anak pra-sekolah seperti mereka yang sudah terdaftar di sekolah, sehingga rencana bisa dibuat untuk beberapa tahun kemudian.
Berdasarkan teori di atas, penentuan rute bus haruslah dengan rapat bersama antara pihak sekolah, penanggung jawab lapangan (sopir), para wali murid dan pihak kepolisian. Hal tersebut bertujuan menetapkan rute serta data siswa yang akan dijemput menggunakan sarana sekolah tersebut.
Jenis Rute
Penggunaan satu bus untuk mengangkut lebih dari satu perjalanan disebut “multiple routing”danlebih murah bila dibandingkan dengan “single routing”, karena yang pertama memungkinkan satu bus untuk menjalankan fungsi dari yang lain. Dalam prakteknya, multiple route kurang diinginkan dari pada single route.
Berdasarkan teori di atas, penggunaan single route memang lebih mudah dimengerti dan di implementasikan karena dalam rute tersebut hanya satu jalur dan satu kali penjemputan serta pengantaran siswa.
Jadwal Penghentian Bus
Bus disetiap sekolah dibuat berdasar daya muatnya, keluar dari jalan utama, ini dibuat untuk standart. Batas muat lingkungan sebaiknya ditempatkan jauh dari simpang yang berbahaya dan ramai, anak-anak sebaiknya tidak menyeberang dijalan yang ramai atau jalan utama, anak tidak boleh berjalan terlalu jauh.Bus jangan sering berhenti sehingga memperlambat mencapai rutedalam waktu yang telah ditentukan. Siswa tidak perlu menunggu terlalu lama di tempat pemuatan, sehingga mereka menimbulkan problem disiplin.
Berdasarkan teori di atas, ketepatan waktu adalah kunci dalam penyusunan jadwal pemberhentian bus. Penyusunan dilakukan dengan menganalisa jarak tempuh antara pemberhentian satu ke lainnya. Pemberlakuan kuota menunggu tiap pemberhentian sangat bermanfaat, karena setiap siswa belum tentu dating tepat waktu di pemberhentian bus tersebut.
Lalu Lintas Sekolah
Administrator sekolah juga harus memperhatikan arus lalu lintas dalam dan sekeliling sekolah jika dia mempunyai sejumlah bus yang tiba dan berangkat pada waktu tertentu dan dalam tempat yang terbatas, ia mugkin perlu membatasi alat pengangkutan pada waktu itu. Jika bagian itu merupakan bagian dari kotamadya, ia harus bekerja sama dengan polisi setempat untuk menetapkan peraturan khusus. Jika daerah tersebut merupakan milik sekolah, tentu hal ini dibawah kontrol sekolah. Satu kritik berkenaan dengan dan lalulintas pengangkutan adalah adalah pola arus siswa bila memasuki atau meninggalkan gedung sekolah. Ini harus disusun dengan baik sehingga siswa yang berjalan tidak sembarangan menyeberang dekat bus.
Berdasarkan teori di atas, tempat pemberhentian haruslah disesuaikan dengan kondisi lalu lintas, sehingga tingkat keamanan lebih ditingkatkan. Penentuan tempat baiknya bekerja sama dengan pihak kepolisian agar mendapatkan tempat yang tepat.
Kesimpulan
Salah satu solusi pemecah maslah kemacetan di sebuah daerah yaitu pemberlakuan bus sekolah, sehingga dengan adanya bus sekolah tersebut meminimalisir kemacetan. Karena para penjemput/orang tua siswa dapat menunggu anaknya di pemberhentian bus di masing-masing daerah terdekat dengan rumah siswa. Pemberlakuan bus sekolah memberikan kenyamanan dan keamanan bagi siswa, orang tua dan sekolah. Sebagai pengelola layanan khusus transportasi sekolah, perlu adanya pengelolaan yang baik dan cermat. Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak adalah sebuah tindakan yang baik karena dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan bus sekolah tersebut.
Daftar Rujukan
Kusmintardjo. 1993. Pengelolaan Layanan Khusus di Sekolah. Malang: IKIP Malang.
Posting oleh Aditya Chandra Setiawan 11 tahun yang lalu - Dibaca 45738 kali
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan
JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI
Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...