Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Rekonstruksi Mutu Sekolah melalui Rehabilitasi Sekolah

Selasa, 05/11/2013 08:31:07

Sekolah merupakan salah satu dari tiga pilar pendidikan yang mengangkat mutu pendidikan Indonesia (tiga pilar lainnya adalah keluarga dan masyarakat, yang sering disebut dengan pendidikan formal, non formal dan informal). Melalui pendidikan di sekolah akan dapat diketahui bagaimana perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Sekolah memiliki peran yang sangat besar terhadap mutu. Baik tidaknya mutu, terinovasi atau terdegradasinya mutu juga merupakan dampak yang diakibatkan oleh perkembangan sekolah.

Contoh nyata dampak dari aktivitas sekolah terhadap mutu pendidikan adalah berubahnya orientasi pendidikan kita dari mulanya kepada pengetahuan, dan sekarang berubah orientasi kepada ijazah atau kelulusan belaka. Contoh tersebut jika dipandang dari segi negatif. Jika perkembangan mutu dipandang dari segi positif, perkembangan mutu sarana dan prasarana yang ada di dunia pendidikan kita semakin meningkat. Perkembangan media pembelajaran memudahkan pemangku pendidikan, guru, siswa, dan orang-orang yang berkaitan dengan pendidikan dalam mengakses pengetahuan dan menyebarkannya kepada masyarakat luas. Siswa lebih mudah memahami pelajaran, guru lebih mudah dalam berinteraksi dan mengajar di kelas, pemangku pendidikan dapat lebih mudah mengontrol kurikulum sekolah, masyarakat lebih mudah mengakses informasi perkembangan mutu sekolah.

Untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan perlu ada sebuah solusi yang perlu diterapkan di dunia pendidikan indonesia, terutama di sekolah. Menurut Alimah (2007), ada lima dimensi yang berkaitan dengan mutu pendidikan, yaitu 1) karakteristik pembelajar, 2) pengupayaan masukan, 3) proses belajar-mengajar, 4) hasil belajar, 5) konteks atau lingkungan.

Karakteristik pembelajar berpengaruh pada bagaimana siswa belajar dengan baik. Komitmen dan semangat siswa mempengaruhi bagaimana tipe pembelajaran akan dilakukan. Sehingga kecocokan karakteristik pembelajar dengan metode pembelajaran yang digunakan akan meningkatkan kualitas dan kemampuan pembelajar dalam ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif.

Pengupayaan masukan mencakup dua komponen, yaitu sumber daya manusia dan sumber daya fisikal. Sumber daya manusia merupakan komponen paling utama dalam dunia pendidikan, karena sumber daya manusia adalah peran utama pengembangan mutu pendidikan. Sedangkan sumber daya fisikal membantu dan mempermudah sumber daya manusia untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu di lembaga pendidikan.

Proses belajar mengajar merupakan kegiatan inti dari didirikannya sebuah lembaga pendidikan. Proses belajar mengajar (PBM) yang akan menentukan kualitas output atau lulusan sekolah. Baik tidaknya lulusan sebuah lembaga pendidikan, bergantung dari bagaimana proses belajar mengajarnya dilaksanakan, sehingga peningkatan kualitas PBM harus terus ditingkatkan kualitasnya. Dalam PBM terdapat banyak komponen yang harus terus dibina. Selain guru, pengembangan metode dan strategi pembelajaran sangat mempengaruhi pemahaman siswa pada pelajaran. Untuk itu, pengembangan metode dan strategi pembelajaran juga harus terus ditingkatkan.

Proses belajar mengajar juga harus memiliki target seberapa jauh siswa harus meraih hasil yang maksimal. Hasil inilah yang disebut dengan hasil belajar. Kebanyakan orang tua siswa, jika ingin memasukkan anaknya ke suatu sekolah, memperhatikan bagaimana hasil akhir dari suatu pembelajaran, apakah banyak yang lulus atau tidak, apakah banyak yang mendapatkan nilai tinggi atau tidak, dan seterusnya. Untuk itu, hasil belajar juga harus menjadi konsentrasi sekolah dalam meningkatkan mutu.

Berkaitan dengan manajemen berbasis sekolah, lingkungan juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekolah. Semakin baik lingkungan yang ada, maka semakin baik kualitasnya, utamanya kualitas akhlak. Lingkungan memiliki pengaruh yang mendalam terhadap aktivitas siswa di sekolah. Menurut aliran empirisme, pengalaman merupakan media utama dalam memperoleh ilmu pengetahuan, sedangkan pengalaman lebih sering diperoleh disekitar lingkungan sekolah. Untuk itu, dari statemen tersebut, peningkatan kualitas lingkungan juga harus ditingkatkan, sehingga akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas, baik dari segi kognitif, psikomotorik, maupun afektif.

Pada intinya, dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan perlu membenahi 5 dimensi di atas. Rehabilitasi kelima dimensi tersebut harus terus ditingkatkan. Bukan hanya rehabilitasi dalam bentuk fisik (bangunan sekolah) saja, akan tetapi rehabilitasi juga sangat dibutuhkan dalam segi non fisik. Sehingga keseimbangan antara keseluruhan komponen akan terjaga. Dari keseimbangan tersebut, jika dilakukan dan dipertahankan secara terus menerus, maka akan menghasilkan kualitas yang tinggi. Harapan tersebut, nantinya bukan hanya sekedar impian belaka, akan tetapi dapat menjadi realita dalam kehidupan dunia pendidikan, utamanya di Indonesia.

 

Posting oleh Ainur Rifqi 4 tahun yang lalu - Dibaca 12600 kali

 
Tag : #

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Selasa, 21/11/2017 08:27:29
Guru SD Diajak Aktf Menulis Karya Ilmiah

KOMPAS.com - Pemerintah mendorong para guru pendidikan dasar untuk giat menulis karya ilmiah untuk menyebarkan ide,...

Jum'at, 10/11/2017 18:27:46
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak

Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak Kamis, 09 Nov 2017 13:05 | editor : Dzikri Abdi...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
4 tahun yang lalu - dibaca 45415 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
4 tahun yang lalu - dibaca 35436 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
4 tahun yang lalu - dibaca 48976 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
4 tahun yang lalu - dibaca 38024 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
2 tahun yang lalu - dibaca 32602 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
2 tahun yang lalu - dibaca 39204 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
4 tahun yang lalu - dibaca 35654 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
4 tahun yang lalu - dibaca 24310 kali
Info MBS
Guru SD Diajak Aktf Menulis Karya Ilmiah
Guru SD Diajak Aktf Menulis Karya Ilmiah
20 jam yang lalu - dibaca 2 kali
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
2 minggu yang lalu - dibaca 41 kali
Jembatani Kompetensi Siswa dengan Kebutuhan Pelaku Dunia Usaha
Jembatani Kompetensi Siswa dengan...
4 minggu yang lalu - dibaca 135 kali
Pendidikan Informal untuk Penguatan Pembelajaran di Daerah Tertinggal
Pendidikan Informal untuk Penguatan...
1 bulan yang lalu - dibaca 309 kali
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak Perbatasan
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak...
2 bulan yang lalu - dibaca 327 kali
Program Keahlian Ganda Butuh Praktik Mengajar Realistik
Program Keahlian Ganda Butuh Praktik...
2 bulan yang lalu - dibaca 430 kali
Permen tentang Penguatan Pendidikan Karakter Disiapkan dalam Sepekan
Permen tentang Penguatan Pendidikan...
2 bulan yang lalu - dibaca 714 kali
Pemerataan Pendidikan Siapkan SDM Berkarakter dan Berdaya Saing
Pemerataan Pendidikan Siapkan SDM...
2 bulan yang lalu - dibaca 869 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2017 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.61 Mb - Loading : 2.18940 seconds