Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DAN LINGKUNAN SEKOLAH

Minggu, 20/07/2019 16:26:18

Abstract: This study aims to describe: 1) values of culture-based character education and school environment; 2) implementation of values of culture-based character education and school environment; 3) evaluation of cultural and school-based character education; and 4) supporting and inhibiting factors for cultural and school-based character education. This study uses a qualitative approach with a type of case study research. The results of the study show that: (1) Cultural values consist of discipline and cleanliness by forming Discipline Scrubbing Students (SPD); (2) the programme of seeding students’ character values is carried out with daily habits, planning character values has been designed since the formulation of school activities and plans at the beginning of the year, organizing is implemented on the program and the person in charge of each activity, (3) evaluation Activities are carried out in two activities, namely the evaluation of the activities and results of activities, reported to the principal in a verbal and written manner.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya dan lingkungan sekolah; 2) implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya dan lingkungan sekolah; 3) evaluasi pendidikan karakter berbasis budaya dan lingkungan sekolah; dan 4) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berbasis budaya dan lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai budaya terdiri dari kedisiplinan dan kebersihan dengan membentuk Siswa Pengerak Disiplin (SPD); (2) program penyemaian nilai-nilai karakter siswa dilakukan dengan pembiasaan sehari-hari, perencanaan nilai-nilai karakter telah dirancang sejak perumusan kegiatan dan rencana sekolah di awal tahun, pengorganisasian diimplementasikan atas program dan penanggung jawab masing-masing kegiatan, (3) evaluasi kegiatan dilakukan dalam dua kegiatan yaitu evaluasi proses kegiatan dan hasil kegiatan, dilaporkan kepada kepala sekolah secara lisan dan tertulis.


http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/issue/view/524

Posting oleh Desi Eri K 12 bulan yang lalu - Dibaca 2094 kali

 
Tag : #Pendidikan Karakter; Sekolah Berbasis Budaya dan Lingkungan; Character Education; School Based Culture and Environment

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Selasa, 14/07/2020 14:14:11
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 

      Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilakukan sebagai cara untuk tetap melaksanakan kegiatan...

Senin, 06/07/2020 08:51:06
Pandemi, Pendidikan, dan Persaingan Privilese

Jakarta -  Pandemi telah mengakar sampai ke semua lini dan memang telah menyeret kita pada dimensi yang berbeda....

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 73475 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 55233 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 82400 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 61105 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 59639 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 68779 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 59904 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 44204 kali
Info MBS
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
16 jam yang lalu - dibaca 7 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
2 minggu yang lalu - dibaca 118 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
3 minggu yang lalu - dibaca 168 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
4 minggu yang lalu - dibaca 265 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
1 bulan yang lalu - dibaca 344 kali
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
4 bulan yang lalu - dibaca 873 kali
Mendikbud Tetapkan Empat Pokok...
7 bulan yang lalu - dibaca 1769 kali
PPDB 2019 SMP Sistem Zonasi, Nilai USBN...
1 tahun yang lalu - dibaca 5575 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.53 Mb - Loading : 4.07529 seconds