Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Paket Pelatihan 2

Minggu, 23/11/2013 22:32:19

A. Penduhuluan

Tujuan Managing Basic Education (MBE) program adalah meningkatkan mutu pendidikan yangditerima anak melalui peningkatan dalam pengelolaan pendidikan dan praktik pembelajaran. Melalui peningkatan mutu proses perencanaan dan pendanaan (budgeting) di tingkat sekolah dan kabupatendan dengan melibatkan sejumlah stakeholder termasuk orang tua, siswa akan mendapat manfaat penggunaan sumber yang lebih efektif.

Pembelajaran secara Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) bertujuan untuk menciptakanlingkungan belajar yang lebih menyenangkan dengan menyiapkan siswa memperoleh keterampilan,pengetahuan, dan sikap untuk persiapan kehidupan masa depannya. Sebagai hasil pelatihan PAKEM, guru dapat menguasai strategi pembelajaran yang berbeda beda, termasuk pembelajaran yang lebih interaktif. Dalam kelompok, dan tugas tugas praktik yang lebih banyak, siswa diharapkan dapat berpikir lebih banyak untuk dirinya sendiri, alihalih diberitahukan jawabannya. Para siswa juga diberi kesempatan untuk menulis dengan menggunakan bahasanya sendiri, dan bukan sekedar menyalin dari papan tulis atau buku. Lingkungan kelas dirancang sedemikian rupa sehingga dirasakan lebih “bersahabat” dengan siswa, misalnya dengan menyiapkan pajangan hasil karya siswa, tersedianya alat peraga yang menarik.

Dalam pelatihan MBE pertama, peserta diperkenalkan pada beberapa konsep baru seperti ManajemenBerbasis Sekolah (MBS), Peran Serta Masyarakat (PSM) dan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Dalam MBS dan PSM, pelajaran dalam kegiatan kegiatan MBS dipelajarimelalui nara sumber yang sudah berhasil, misalnya Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan Pengawas.Keterampilan dalam perencanaan anggaran juga diberikan dalam pelatihan.

Dalam kegiatan PAKEM, peserta belajar mengenai mengapa pendekatan “berpusat pada siswa”meningkatkan kualitas pembelajaran. Pelatihan ini berfokus pada identifikasi situasi situasi belajaraktif, yang dimodelkan oleh fasilitator dan kemudian dipraktikkan oleh para peserta di dalam situasipembelajaran yang riil dengan menggunakan sekolah setempat.

Paket Pelatihan 2 ini merupakan lanjutan Paket Pelatihan sebelumnya, yang memperkenalkan PSM,MBS dan PAKEM, untuk memperdalam pemahaman peserta pada konsep tersebut. Dalam bidang MBS, peran masyarakat dieksplorasi lebih lanjut dan peserta mendiskusikan sumbangan nyata untuk peningkatan sekolah yang dapat dikembangkan melalui dukungan masyarakat yang efektif.Peserta mengkajiulang kemajuan yang dibuat sejak pelatihan tahap petama. Nara sumbermemberikan contoh dari kehidupan nyata untuk didiskusikan dan dianalisis.

25Paket-Pelatihan-2.jpg

Lampiran
Paket Pelatihan 2.pdf [download]

Posting oleh Tim Pengembang MBS 48 tahun yang lalu - Dibaca kali

 
Tag : #

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Kamis, 11/01/2018 10:18:27
Pendidikan Tinggi Harus Tekankan Pengembangan Keterampilan Anak Didik

JAKARTA, KOMPAS.com - Program akademik di perguruan tinggi yang menanamkan kultur akademik internasional sudah...

Jum'at, 05/01/2018 22:21:35
Generasi Milenial Jangan Takut Bereksperimen

KOMPAS.com – Festy Fidia Siswanto prihatin dengan cara pengemasan kopi luwak di sebuah tempat di Ciwidey, Bandung...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
4 tahun yang lalu - dibaca 49791 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
4 tahun yang lalu - dibaca 38380 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
4 tahun yang lalu - dibaca 54451 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
4 tahun yang lalu - dibaca 41380 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
2 tahun yang lalu - dibaca 36100 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
2 tahun yang lalu - dibaca 43684 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
4 tahun yang lalu - dibaca 39335 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
4 tahun yang lalu - dibaca 26738 kali
Info MBS
Generasi Milenial Jangan Takut Bereksperimen
Generasi Milenial Jangan Takut...
2 minggu yang lalu - dibaca 86 kali
Kemnaker Terus Perkuat Mutu Pelatihan Kerja dan Pemagangan
Kemnaker Terus Perkuat Mutu Pelatihan...
4 minggu yang lalu - dibaca 216 kali
Saling Adu Kecepatan Robot
2 bulan yang lalu - dibaca 332 kali
Guru SD Diajak Aktf Menulis Karya Ilmiah
Guru SD Diajak Aktf Menulis Karya Ilmiah
2 bulan yang lalu - dibaca 470 kali
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
2 bulan yang lalu - dibaca 513 kali
Jembatani Kompetensi Siswa dengan Kebutuhan Pelaku Dunia Usaha
Jembatani Kompetensi Siswa dengan...
3 bulan yang lalu - dibaca 556 kali
Pendidikan Informal untuk Penguatan Pembelajaran di Daerah Tertinggal
Pendidikan Informal untuk Penguatan...
3 bulan yang lalu - dibaca 757 kali
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak Perbatasan
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak...
4 bulan yang lalu - dibaca 797 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2018 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.59 Mb - Loading : 3.49259 seconds