Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Paket Pelatihan 2

Minggu, 23/11/2013 22:32:19

A. Penduhuluan

Tujuan Managing Basic Education (MBE) program adalah meningkatkan mutu pendidikan yangditerima anak melalui peningkatan dalam pengelolaan pendidikan dan praktik pembelajaran. Melalui peningkatan mutu proses perencanaan dan pendanaan (budgeting) di tingkat sekolah dan kabupatendan dengan melibatkan sejumlah stakeholder termasuk orang tua, siswa akan mendapat manfaat penggunaan sumber yang lebih efektif.

Pembelajaran secara Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) bertujuan untuk menciptakanlingkungan belajar yang lebih menyenangkan dengan menyiapkan siswa memperoleh keterampilan,pengetahuan, dan sikap untuk persiapan kehidupan masa depannya. Sebagai hasil pelatihan PAKEM, guru dapat menguasai strategi pembelajaran yang berbeda beda, termasuk pembelajaran yang lebih interaktif. Dalam kelompok, dan tugas tugas praktik yang lebih banyak, siswa diharapkan dapat berpikir lebih banyak untuk dirinya sendiri, alihalih diberitahukan jawabannya. Para siswa juga diberi kesempatan untuk menulis dengan menggunakan bahasanya sendiri, dan bukan sekedar menyalin dari papan tulis atau buku. Lingkungan kelas dirancang sedemikian rupa sehingga dirasakan lebih “bersahabat” dengan siswa, misalnya dengan menyiapkan pajangan hasil karya siswa, tersedianya alat peraga yang menarik.

Dalam pelatihan MBE pertama, peserta diperkenalkan pada beberapa konsep baru seperti ManajemenBerbasis Sekolah (MBS), Peran Serta Masyarakat (PSM) dan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Dalam MBS dan PSM, pelajaran dalam kegiatan kegiatan MBS dipelajarimelalui nara sumber yang sudah berhasil, misalnya Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan Pengawas.Keterampilan dalam perencanaan anggaran juga diberikan dalam pelatihan.

Dalam kegiatan PAKEM, peserta belajar mengenai mengapa pendekatan “berpusat pada siswa”meningkatkan kualitas pembelajaran. Pelatihan ini berfokus pada identifikasi situasi situasi belajaraktif, yang dimodelkan oleh fasilitator dan kemudian dipraktikkan oleh para peserta di dalam situasipembelajaran yang riil dengan menggunakan sekolah setempat.

Paket Pelatihan 2 ini merupakan lanjutan Paket Pelatihan sebelumnya, yang memperkenalkan PSM,MBS dan PAKEM, untuk memperdalam pemahaman peserta pada konsep tersebut. Dalam bidang MBS, peran masyarakat dieksplorasi lebih lanjut dan peserta mendiskusikan sumbangan nyata untuk peningkatan sekolah yang dapat dikembangkan melalui dukungan masyarakat yang efektif.Peserta mengkajiulang kemajuan yang dibuat sejak pelatihan tahap petama. Nara sumbermemberikan contoh dari kehidupan nyata untuk didiskusikan dan dianalisis.

25Paket-Pelatihan-2.jpg

Lampiran
Paket Pelatihan 2.pdf [download]

Posting oleh Tim Pengembang MBS 52 tahun yang lalu - Dibaca kali

 
Tag : #

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 08/03/2021 10:49:35
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan

JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....

Selasa, 02/03/2021 09:57:29
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI

    Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
8 tahun yang lalu - dibaca 90026 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
8 tahun yang lalu - dibaca 69219 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
8 tahun yang lalu - dibaca 101947 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
8 tahun yang lalu - dibaca 75645 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
6 tahun yang lalu - dibaca 74342 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
6 tahun yang lalu - dibaca 84498 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
8 tahun yang lalu - dibaca 73450 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
8 tahun yang lalu - dibaca 55806 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
1 tahun yang lalu - dibaca 5109 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
1 tahun yang lalu - dibaca 6249 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
1 tahun yang lalu - dibaca 6505 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
1 tahun yang lalu - dibaca 6463 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
1 tahun yang lalu - dibaca 8831 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
1 tahun yang lalu - dibaca 7764 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
1 tahun yang lalu - dibaca 8503 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
1 tahun yang lalu - dibaca 8669 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2021 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.49 Mb - Loading : 3.40700 seconds